TechnoSimply | Make Technology Easy

Nomor –Nomor Port Pada Jaringan

6
  • Friday, August 6, 2010
  • Rizki
  • Label: , , ,
  • nomor port pada jaringan Port? Apa itu Port pada istilah jaringan? Banyak orang – orang yang belum tahu apa itu port. Applikasi kah? Jenis jaringan kah? atau yang lainnya? Port bukanlah applikasi atau jenis jaringan ataupun.

    Port dalam definisi jaringan yaitu suatu “gerbang” yang dimiliki atau digunakan oleh applikasi untuk melakukan suatu koneksi ke komputer lain atau pun untuk mengakses internet. “Gerbang” ini memiliki nomor tersendiri. Jadi hampir semua aplikasi ada yang menggunakan nomor port tersebut semisal nomor port 110 oleh aplikasi e-mail client semisal MS Outlook, Mozilla Thunderbird, dll.

    Nomor – Nomor pada Port yang ada jaringan memiliki jumlah yang sangat banyak. Seiring dengan kemajuan teknologi jaringan yang kita rasakan sekarang nomor port yang terdapat pada protokol TCP/IP sudah mencapai kurang lebih 374 nomor port. Itu pun ada beberapa yang nomor yang belum ditetapkan kegunaannya.

    Nah, untuk protokol sebanyak itu tak mungkin semuanya wajib diketahui. Hanya ada beberapa nomor port yang wajib atau disarankan anda yang bergelut di bidang IT untuk mengetahuinya. Beberapa nomor port tersebut diantaranya adalah :

    Nomor Port

    Keterangan dan Kegunaan

    80

    Nomor port ini sering digunakan oleh web browser. Kegunaannya yaitu untuk menyambungkan ke web server dari alamat web atau ip yang diketik di Address Bar.

    110

    Biasa digunakan oleh applikasi email client untuk menghubung ke email server dan mengambil email dari server tersebut..

    21

    Port ini digunakan untuk akses FTP.

    22

    Port yang digunakan untuk meremote komputer berjenis UNIX

    25 / 2525

    Merupakan nomor port yang digunakan untuk mengirim email ke mail server. Port 25 merupakan port standardnya. Sedangkan port 2525 merupakan port alternatif jika port 25 terkena masalah dalam koneksi.

    23

    Port yang digunakan untuk akses Telnet

    194

    Akses IRC atau Internet Relay Chat seperti aplikasi mIRC menggunakan port ini untuk berkomunikasi

    3389

    Port yang digunakan oleh Windows untuk akses Remote Desktop Connection

     

    Dari port yang saya sebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi port yang belum desebutkan . Tetapi hanya port itu saja yang sering digunakan dalam kegiatan koneksi orang – orang. Sekiranya hanya segini saja yang bisa saya sampaikan berdasarkan hasil survey pendapat saya. Jika ada kesalahan atau kekurangan mohon maaf. Saya juga masih belajar dalam hal jaringan.

    6 komentar:

    1. oempak said...
    2. br tau nih nomor" port punya masing" pekerjaan. Dan katanya port ini sering digunakan para hacker, btul ga ya...hmm..

    3. q-WiLDz said...
    4. btul juga.. soalnya ada para hacker menggunakan port tertentun untuk mengambil celah sebagai jalan masuk para hacker.. :D

    5. Ayel said...
    6. Maaf terlambat, tugas sudah saya periksa... masih kurang tu Kang, kalo bisa ditambah lagi nomor portnya...

    7. Baju Wanita, Tas Wanita said...
    8. Wah.. gan manteb infonya..
      Thanks ya gan..

    9. khamil_achmad said...
    10. kalo buat proxy dan yang lainnya menggunakan port berapa ?

    11. Rizki said...
    12. @khamil_achmad kalau proxy (squid) biasanya menggunakan port 3128..

    Post a Comment